Kamis, 03 Februari 2011

KONSEP DESA INFORMASI



KIM (Kelompok Informasi Masyarakat)
BERSAMA WARISBI
Menuju Terwujudnya Desa Informasi
Pada era milenium saat ini kebebasan serta perkembangan Informasi dan komunikasi sudah menjadi hak individu dalam arti seluas - luasnya, mengapa demikian karena dengan perkembangan dunia ini masing - masing individu dapat mendapatkan segala informasi serta dapat melakukan komunikasi dari seluruh penjuru dunia dengan mudah dan biaya yang relatif murah, namun demikian sebagai masyarakat yang bergaul dalam tata pergaulan masyarakat dunia tentunya kita sebagai salah satu bagian bangsa di dunia harus dapat melakukan dan berbuat untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut sebagai sarana yang lebih produktif dan positif baik bagi pribadi atau bagi masyarakat luas. Hand Phone sebagai sebuah sarana komunikasi juga sudah menjadi “ life style “ masyarakat di Indonesia baik ditingkat perkotaan, maupun pelosok pedesaan, Handphone sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, tingkat ketergantungan komunikasi individu dengan relasi, teman bisnis, sahabat, pacar, suami atau istri dsb semakin tinggi, tetapi penggunaanya masih terbatas pada kebutuhan itu saja dan belum dapat dioptimalkan buat kepentingan lain yang jauh lebih bermanfaat terutama bagi kepentingan individu atau pribadi secara financial maupun kepentingan masyarakat, oleh karenanya kami Warisbi memberanikan diri menawarkan kerjasama dengan Kelompok Informasi Masyarakat kabupaten / Kota. dalam menciptakan Kemandirian sebuah kelompok dengan berbagai peluang bisnis melalui optimalisasi Hand Phone. Warisbi Sebagai sentra Informasi sekaligus sebagai sentra Bisnis berkehendak KIM mengembangkan jaringan bisnis di wilayah kabupaten / Kota, dengan memberdayakan para Ketua RT dan RW di seluruh wilayah kabupaten / Kota agar tercipta sebuah jaringan bisnis yang luas, dan diharapkan dari kerjasama ini dapat menunjang biaya operasional, administrasi KIM, RT dan RW agar keberadaan organisasi sosial ini diharapkan bisa mandiri, sekaligus dapat memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku sosial tersebut ( Bapak / Ibu Pengurus KIM, RT dan RW ), apabila mereka dapat bergabung dengan Warisbi dengan mengoptimalkan perangkat Hand Phone sebagai sarananya.
WARISBI ( Warung Informasi Bisnis )
Sebuah wadah jaringan bisnis dengan mengoptimalisasikan Handphone CDMA / GSM sebagai salah satu sarananya.
Warisbi berdiri sejak tahun 2006, berdirinya Warisbi berawal dari sebuah keprihatinan terhadap minimnya informasi dan promosi tentang keberadaan pelaku – pelaku usaha kecil / mikro atau para tenaga ahli atau para tukang berbagai keahlian ( tukang talang, tukang kayu, dll ) yang tersebar di wilayah kabupaten / Kota Dari pengamatan kami bahwa pelaku usaha kecil / mikro atau para tenaga ahli / tukang sebagaimana tersebut, mereka tidak pernah mendapatkan ruang promosi yang tepat karena ada beberapa faktor kendala yang dihadapi antara lain mahalnya biaya promosi baik melalui media cetak / koran maupun media elektronik, serta tidak adanya wadah yang dapat berfungsi sebagai fasilitator mereka dalam hal promosi.
Dari uraian tersebut diatas maka Warisbi berkeinginan bekerja sama dengan KIM untuk berbagi keuntungan dengan pelaku – pelaku usaha kecil / mikro atau para tenaga ahli atau para tukang berbagai keahlian yang tersebar di wilayah kabupaten / Kota untuk bergabung dalam satu wadah jaringan melalui sebuah komunitas dalam hal saling tukar menukar informasi dan promosi, dengan biaya yang relatif terjangkau dan murah melalui optimalisasi perangkat Handphone dan distribusi “ Katalog Warisbi “ secara periodik dengan harapan, mereka para pelaku – pelaku usaha kecil / mikro atau para tenaga ahli atau para tukang berbagai keahlian dapat mempunyai sebuah media promosi yang terorganisir, akurat, tepat sasaran dan murah.
Komunitas Warisbi tidak hanya dibatasi pada saling tukar informasi dan promosi semata, namun bisa sampai tingkatan tumbuhnya kerja sama antar pengurus KIM untuk saling menunjang pergulatan bisnisnya demi terwujudnya KIM yang mandiri dan berdaya saing.
Warisbi juga menjalin kerja sama dengan perusahaan – perusahaan Multi nasional yang nantinya diharapkan dapat menjadi bapak angkat dari usaha – usaha kecil / mikro tersebut.
FORMAT KERJA
PENGGUNAAN SMS CERDAS WARISBI
SMS CERDAS dimaksud adalah sekali sms langsung terkirim ke semua nomor yang sudah terdaftar all operator bisa ratusan bahkan ribuan nomor
TAHAPAN KEGIATAN
1. Inventarisasi dan Pendataan
Inventarisasi dan pendataan RT dan RW di seluruh Wilayah Kota Kabupaten, dengan pengisian formulir sebagaimana terlampir.
2. Pendaftaran
a. Seluruh data di daftarkan ke Warisbi untuk menjadi member yang selanjutnya akan terbangun jaringan RT dan RW di kabupaten / Kota dalam sebuah sentra informasi dan sentra bisnis.
b. Para Ketua RT dan RW melakukan pendataan aktifitas warganya yang berpeluang dalam dunia usaha / bisnis atau yang memiliki potensi pemberdayaan peningkatan kesejahteraan yang lain,
c. Setiap rt/rw disediakan papan informasi sebagai media informasi yang langsung bisa di baca oleh masyarakat.
d. Kalau di mungkinkan terkoneksinya/ fasilitas internet sampai pada tataran RW bagi masyarakat bisa mengakses informasi melalui website.
MANFAAT
1. Bagi Pemerintah
Dengan terbangunya jaringan tersebut keberadaan para Ketua RT dan RW sebagai kepanjangantangan Pemerintah kabupaten / Kota dapat maksimal dalam rangka sosialisasi kebijakan – kebijakan Pemerintah kabupaten / Kota kepada masyarakat secara cepat, tepat, akurat dan murah langsung kepada sasaran melalui program SMS CERDAS WARISBI
2. Bagi Para ketua RT dan RW
Mereka akan mendapatkan peluang bisnis dengan kedudukan sebagai RT dan RW, karena dengan bergabung dengan Warisbi keberadaan mereka akan secara otomatis akan menjadi bagian dengan dan dari member Warisbi kabupaten / Kota untuk dapat bersinergi tentang peluang bisnis melalui program sms cerdas
CONTOH PELUANG BISNIS 1
â Layanan info jual beli melalui SMS.
â Penyebaran informasi yang cepat tepat efektif efisien (advertising network)
â Begitu juga dengan distribusi Katalog sangat menguntungkan bagi anggota Warisbi karena dengan biaya murah akan dapat diakses oleh banyak orang, karena katalog didistribusikan secara gratis kepada RT / RW !!!
CONTOH PELUANG BISNIS 2
Dari hasil pendataan potensi setiap Desa akan di dapatkan bermacam – macam potensi Wilayah maupun potensi SDM.
Form Pendataan.
No.
N a m a
Alamat
No.Telp
Profesi
01
Joni
Ds. singosari
7680846
Mebel
02
Hendra
Ds. singosari
7680876
Shoting Vidio
03
Dion
Ds. singosari
7680987
Ahli Kunci
04
Sony
Ds. singosari
7680863
Pijat Urat
Dari hasil pendataan ternyata di sekitar kita banyak profesi yang sangat kita butuhkan.
Dari hasil pendataan dapat kita simpulkan :
1. Dari tidak tahu menjadi tahu tentang potensi Wilayah / SDM Desa Kita.
2. Mereka yang punya keahlian dari tidak berdaya menjadi berdaya.
3. Masyarakat yang rumahnya terpencil sekalipun asal punya hp berpeluang bisa bersinergis dengan siapa saja.
4. Asal punya HP dimanapun berada menjadi tempat usaha dan masih banyak lagi manfaat lainya.
Dari uraian tersebut diatas apabila di setiap Desa ada Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM )Melalaui program pendataan & optimalisasi penggunaan HP akan tercipta Pusat Informasi & Pusat Bisnis , melalui optimalisasi tersebut juga akan tercipta kemudahan akses informasi kumunikasi antar Desa.
Kemudahan komunikasi akan bermanfaat banyak hal.
Besar harapan kami untuk bisa bekerja sama dalam kerangka pembangunan strategis di segala sektor, sehingga bisa terwujud Kelurahan / Desa Informasi menuju Masyarakat Informasi Sejahtera.
Demikian atas kerja samanya disampaikan terima kasih.
Hormat Kami
HARI PURNOMO
OWNER WARISBI

2 komentar:

  1. SMS = no HP sudah menjadi kebutuhan setiap orang, tapi sangat tidak nyaman kalau sering ada sponsor yang masuk, ribet dengan membuka sms terus menerus. Alangkah baiknya kalau semua produk jasa warisbi di tempelkan di blok warisbi. Oke?

    BalasHapus
  2. Trimakasih pak gondo dari Kim Gondowangi Kec. wagir, atas saran kritiknya, sms cerdas warisbi hanya terkirim bagi yg terdaftar sebagai member, utamanya utk para ketua RT/RW, dan sistem sms hanya satu pintu shg materi sms bisa di pertanggung jawabkan, sistem jejaring menurut hemat kami yg efektif masih pada sms, karena bisa di seting Informasi Satu Pintu, sehingga tidak menjadi Sms Spam atau sms sam,pah

    BalasHapus